Minggu, 22 Mei 2016

Jenis - Jenis Manajemen

JENIS MANAJEMEN
  • Berdasarkan Hirarki ( Vertikal )
1. Manajemen Puncak
Yang bertanggung jawab untuk menentukan tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan secara umum
Contoh : Mengatur dan menentukan dalam memberikan  strategi atau tujuan di dalam suatu perusahaan
2. Manajemen Menengah
Merupakan implementasi strategi secara keseluruhan dan kebijakan yang sebelumnya ditentukan oleh manager puncak.
Tugas dan Peran :
a. Menjalankan perintah, kebijakan, rencana yang telah disusun oleh manajemen puncak.
b. Memberi saran atau rekomendasi kepada manajemen puncak.
c. Mengkoordinasikan seluruh aktivitas dari semua departemen yang ada.
Contoh : Kepala cabang perusahaan atau unit local
 3. Menejemen Tingkat Bawah
Menerapkan aturan dan proses untuk mencapai produksi yang efisien, memberikan bantuan teknis, dan memberikan motivasi pada bawahannya.
  •  Berdasarkan Fungsi ( Horizontal )
1. Fungsional
Berdasarkan tugas spesifik masing - masing bidang ( fungsi masing - masing ).
2. Lini
Berdsarkan pekerjaan yang dikuasai yang disebut manajemen keseluruhan /  komperensive.
* Kompetensi seorang manager
  1. Kemampuan Teknis ( Hardskill )
  2. Kemampuan Interpersonal ( Komunikasi )
  3. Kemampuan Konseptual ( Koordinasi )
  4. Kemampuan Diagnostic ( Analisis
* Peran Interpersonal bagi Seorang Manager
  1. Peran Figur
  2. Peran Pimpinan
  3. Peran Penghubung
* Peran Seorang Manager
  
      1. Peran Informasi
      2. Peran Pengambilan Keputusan  
          4 putusan pengambilan peran :
             a. Kewirausahaan
             b. Penyelesaian Masalah
             c. Pembagi Sumberdaya
             d. Negosiasi

* Kesuksesan Manager
  1. Pendidikan
  2. Pengalaman 
  3. Visi dan Misi
  4. Etika Profesi
  5. Dimensi Internasional ( wawasan / pasar global
  6. Softskill
  7. Motivasi
* Dasar Penerapan Manajemen
  1.  Perencanaan usaha untuk mencapai tujuan agroindustri
  2. Mengoordinasikan elemen - elemen usaha pada organisasi secara otomatis
  3. Mengarahkan penerapan teknologi sehingga diperoleh hasil optimal 
  4. Melakukan koordinasi semua kegiatan sehingga semua unit kerja berada dalam keadaan prima
  5. Melakukan pengaawasan evaluasi usaha sehingga semua tujuan dapat dicapai 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar