Senin, 23 Mei 2016

Sumber Daya Manusia ( SDM )

SUMBER DAYA MANUSIA
  • Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia secara Holistik
 1. Fungsi Menejemen SDM
     Meliputi :
a. Pengadaan SDM,
    Yang bertujuan untuk merencanakan, pembekalan, menempatkan, penarikan, dan melakukan seleksi(merekrut) karyawan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
b. Pengembangan SDM
    Yang bertujuan memberikan pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan karier bagi setiap karyawan agar karyawan dapat memberikan kinerja kerja yang optimal.
c. Pemeliharaan SDM
    Yang bertujuan untuk memberikan wewenang dalam memberikan kompensasi (keuangan), integrasi, hubungan perburuhan, dan dalam keputusan PHK
2. Instrumen Menejemen SDM
    Meliputi :
a. Analisis jabatan
b. Penilaian prestasi kerja
c. Evaluasi jabatan
 * Perbedaan MSDM dengan Menejemen personalia
    a. Menejemen personalia,
 Dalam istilah “manajemen personalia” terkandung pengertian bahwa karyawan (personalia) hanya dianggap sebagai salah satu faktor produksi saja, yang tenaganya harus digunakan secara produktif bagi pencapaian tujuan perusahaan.
    b. Menejemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )
istilah MSDM terkandung pengertian bahwa karyawan (SDM) yang ada dalam perusahaan merupakan aset (kekayaan, milik yang berharga) perusahaan, sehingga harus dipelihara dan dipenuhi kebutuhannya dengan baik.
* Tujuan MSDM
1. Tujuan Organisasional
     Memastikan bahwa MSDM berkontribusi pada efektivitas organisasional. Departemen SDM membantu para manajer untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Dalam hal ini para manajer tetap bertanggung jawab penuh atas para bawahannya, departemen SDM hanya memberikan dukungan dalam hal-hal yang terkait dengan pengelolaan SDM.

2. Tujuan Fungsional
    Menjaga kontribusi departemen SDM dalam tingkat yang layak bagi kebutuhan-kebutuhan organisasi. Sumber-sumber daya akan terbuang percuma jika MSDM tidak direncanakan secara optimal sesuai kebutuhan organisasi.

3. Tujuan Kemasyarakatan
    Bersikap etis dan bertanggung jawab sosial terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat sembari meminimalkan dampak negatif tuntutan-tuntutan tersebut bagi organisasi.

4. Tujuan Personal
    Membantu para karyawan mencapai tujuan-tujuan pribadi mereka sejauh tujuan-tujuan mendorong kontribusi individual bagi organisasi. Tujuan personal para karyawan akan tercapai jika para karyawan dipelihara, dipertahankan, dan dimotivasi. Jika tidak demikian, kinerja dan kepuasan karyawan akan menurun dan karyawan bisa meninggalkan organisasi.

* Tujuan MSDM ( Menurut Wherter & Davis 1996 )
1. Persiapan dan Seleksi
  • Analisis dan Desain Jabatan
  • Perencanaan SDM
  • Rekrutmen
  • Seleksi
2. Pengembangan dan Evaluasi
  • Orientasi, Penempatan, dan PHK
  • Pelatihan dan Pengembangan
  • Perencanaan Karir
  • Penilaian Kinerja
3. Kompensasi dan Proteksi
  • Upah/Gaji, Insentif, Tunjangan, dan Layanan
  • Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan
4. Hubungan Kekaryawanan dan Audit
  • Hubungan Kekaryawanan
  • Hubungan Serikat Pekerja-Manajemen
  • Audit MSDM
* Tujuan MSDM ( Menurut Mondy 2008 )
1. Penyediaan Staf (Staffing)
2. Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Resource Development/HRD)
3. Kompensasi
4. Keselamatan dan Kesehatan
5. Hubungan Kekaryawanan dan Perburuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar