Jumat, 10 Juni 2016

Kondisi dan Strategi yang dihadapi perusahaan mengenai SDM di bidang agroindustri

  • Kondisi SDM dalam agroindustri 
  1. Jaringan / Pemasaran
  2. Skill lemah
  3. Mental lemah ( mental perusahaan )
  4. Jumlah pendidikan untuk setiap karyawan rendah
  5. Kurangnya transparasi, pengelolahan keuangan
  •  Faktor kunci sukses untuk bisa bersaing di dunia global
  1. Tujuan
  2. Pengetahuan
  3. Pengalaman kerja
  4. Komunikasi
  5. Inovasi
  6. Kreatifitas
  7. Berapa banyak orang yg tau kita bukan sebaliknya
  8. Persistence
  9. Memiliki karakter tatakrama yang baik
  10. Memiliki core kompetensi dan soft kompetensi
  11. Budaya kerja yang baik
  12. Loyal terhadap profesinya 
  • Sonnenfeld dan Peiperl mengembangkan suatu model tipologi perusahaan dan mengimplikasikannya pada strategi SDM sebagi berikut:  
a. Fortress 
Perusahaan menekankan pada kelangsungan hidup. Keamanan terhadap pekerjaan kurang bahkan tidak diijinkan. Jenis perusahsan yang memiliki tipologi ini adalah hotel, retailing. Strategi SDM adalah retrenchment. Perusahaan yang memilih strategi ini berada dalam lingkungan yang sangat kompetitif sehingga implementasi strategi kurang sistematik dan konsisten.
 b. Academy
Perusahaan menekankan pada spesialisasi jabatan. Strategi SDM yang dijalankan adalah pengembangan SDM. Pelatihan ekstensif diberikan pada para recruitees, sebab itu jalur karier yang jelas biasanya direncanakan dengan seksama. Turnover karyawan diupayakan serendah-rendahnya. Kendati perusahaan beriorintasi pada pembinaan karyawan dari awal, perusahaan kadang-kadang juga merekrut outsider untuk posisi tertentu.
 c. Club
Perusahaan menekankan loyalitas, komitmen, senioritas, dan pengalaman. Para club dan para manajernya cenderung generalist, sebab itu strategi SDM cenderung berorientasi pada retensi, pemeliharaan, dan konstribusi kelompok.
d. Baseball-Team
Perusahaan menekankan pada inovasi. Penilaian prestasi lebih berorientasi pada hasil. Pengembangannya berupa pelatihan tidak terlalu banyak dilakukan. Pendekatan tipologi ini mengarah pada pola pikir secara sistematik dan pragmatis, akan tetapi memasukkan suatu perusahaan pada salah satu kategori tersebut tidak mudah. Mengaitkan konsep tipologi strategi SDM dengan future predictable characteristics akan memberikan gambaran peranan strategi SDM secara jelas yang kemudian perlu direncanakan kegiatan SDM yang mendukung.
  • Indikator SDM berkualitas dalam kerja
  1. Berbudi pekerti
  2. Mandiri
  3. Bertanggung jawab
  4. Kreatif
  5. Inovasi
  6. Disiplin
  7. Stamina tinggi
  8. Mampu Kerja keras
  9. Tangguh dan ulet menghadapi persoalan
  10. Cerdas dalam berpikir dan bertindak
  11. Terampil dan punya kompetensi
  12. Produktif
  13. Orientasi masa depan
  • Beberapa cara dalam mengukur standar kontribusi SDM: 
    1. Penekanan pada prestasi 
    2. Standar Pengukuran 
    3. Kartu nilai SDM 
    4. Sistem Tenaga Kerja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar